Selasa, 03 Januari 2012

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri Remaja



Proses penyesuaian diri sangat dipengaruhi oleh factor-faktor kepribadian itu sendiri baik internal maupun eksternal. Factor-faktor itu dapat dikelompokan sebagai berikut :
a.       Factor Fisiologis
Kondisi fisik, seperti factor fisik dan tempramen sebagai disposisi yang di wariskan, aspek perkembangannya secara instrinsik berkaitan erat dengan susunan tubuh.


b.      Factor Psikologis
Banyak factor psikologis yang mempengaruhi kemampuan penyesuaian diri seperti, pengalaman, hasil belajar, kebutuhan, aktualisasi diri, frustasi, depresi, dsb.

c.       Factor perkembangan dan kematangan
Dalam proses perkembangan, respon berkembang dari respon yang bersifat instinktif menjadi respon yang bersifat hasil belajar dan pengalaman. Dengan bertambahnya usia, perubahan dan perkembangan respon, tidak hanya diperoleh melalui belajar, tetapi juga perbuatan individu telah matang untuk melakukan respon dan ini menentukan pola penyesuaian dirinya.

d.      Factor lingkungan
Berbagai lingkungan , seperti keluarga, sekolah, masyarakat, berpengaruh kuat terhadap penyesuaian diri seseorang.

e.       Factor budaya dan agama
Proses penyesuaian diri anak, mulai lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat secara bertahap dipengaruhi oleh factor- Factor kultur dan agama.lingkungan cultural tempat individu berada dan berinteraksi akan menentukan pola-pola penyesuaian dirinya. Agama memberikan suasana psokologis tertentu dalam mengurangi konflik, frustasi, dan ketegangan lainnya.

sumber :
Muhammad Al-Mighwar. 2006. Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia.
Ali Muhammad,dkk. 2004.  Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta : Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar